Kamis, Mei 29, 2008

Teori Vygotsky; membiasakan apa yang belum terbiasa



banyak teori meskipun saya masih berproses dalam mengaplikasikannya.
Dalam training tersebut saya mendapatkan satu teory, sebetulnya ini dipelajari di jurusan psychology, yaitu teori Vigotsky, menurut saya sih teori ini mengajarkaan bagaimana kita bisa melakukan apa saja yang belum biasa kita lakukan karena di teori ini ada 3 lingkaran dimana lingkaarang besar pertama adalah kebiasan kita sehari-hari dan lingkaran kedua adalah yang baru bisa kita kerjakan tapi temponya sedikit dan lingkaran ketiga adalah apa yang belum bisa kerjakan selama ini dan ingin menjadikan kebiasaan kita sehari-hari. Contohnya; di lingkaran pertama kita suka melakukan sholat lima waktu sehari semalam dan itu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, lingkaran kedua adalah sholat sunah ba;da atau qobla sholat karena terkadang kita melakukannya dan terkadang tidak, dan lingkarang ketiga adalah sholat tahajjud atau dhuha karena sholat tahajjud terhitung sholat yang butuh paksaan dan kesabaraan (tahu sendiri bangun malam susah banget, kalu bangun itu juga mu ke toilet atau ada acara bola) dalam mengerjakannya tapi kita sudah bertekad untuk membiasakannya, nah ketika tahajjud menjadi kebiasaan dengan segala prosesnya berarti kita sudah memakai teori Vygotsky, begitulah kira-kira.
Nah dari teori ini kita belajar bagaimana menyusun waktu untuk bisa membiasakan diri dengan hal-hal yang belum terbiasa dengan kita seperti sholat tahajjud, ataau membiasakan baca buku atau mebiasakan baca quran atau apa sajalah, karena memang tidaak susah untuk membiasakan diri yang memang belum terbiasa dengan kita.
Semoga bermanfaat


Beberapa tahun yang lalu saya belajar teori pendidikan khususnya pengajaran, seacara saya lulusan Pendidikan di UIN Jakarta, tapi apa yang saya dapatkan sangat minim karena lebih banyak pelajaran bahasa inggrisnya daripada konsep pengajaran itu sendiri, tapi setelah lulus saya masuk sekolah di Jakarta yang memakaai konsep active learning, dan distulah saya mendapat banyak konsep pengajaran yang bermanfaat karena tidak saya dapatkan di kampus, bayangkan saja dengan waktu training 3 bulan sama saja seperti kuliah 4 tahun di kampus saya, makanya say bersykur banget bisa dapatkan

Tidak ada komentar: