Selasa, Mei 05, 2009

Kerajaan Salakanagara; kerajaan tertua di Nusantara dan cikal bakal kerajaan-kerajaan di Nusantara






Kalau ditanya di sekolah-sekolah, apa nama kerajaan tertua di Indonesia pasti semua orang kompak menjawab kerajaan Kutai, padahal ada kerajaan di nusantara yang lebih tua dari kerajaan kerajaan di nusantara jauh sebelum kutai bahkan sebelum kerajaan jawa dwipa di tanah jawa yaitu kerajaan Salakanagara, mungkin sebagian orang panic atau bahkan kaget emang ada nama kerajaan itu di nusantara, kalau emang ada dimana letaknya, bla…bla… tenag brow ini aku kasih jawabannya.

Kerajaan Salakanagara terletak di daerah sunda tepatnya di Banten dan lebih tepatnya lagi di Pandegla sekarang, kerajaan ini ada pada tahun sekitar (130 M – 358) dipimpin oleh raja DĂ©wawarman atau Prabu Darmalokapala DĂ©wawarman Haji Rakja Gpura, beliau menjabat sebagai prabu sampai tahun 168 M.

Salakanagara berasal dari dua kata salaka dan nagara, salaka artinya perak dan nagara artinya kota, salakanagara ini didirikan oleh Demawarman yang datang ke nusantara untuk menjadi duta untuk negaranya India kemudian ketemu dengan tokoh kampong Aki tirem yang memiliki anak perempuan yang bernama Dewi Pwahaci, uang kemudian ditikah oleh Demawarman. Setelah meninggalnya Aki tirem, Dewawarman melanjutkan ketokohan mertuanya dan kemudian mendirikan kerajaan Salakanagara, setelah itu banyak bawahannya yang menikah dengan orang local sehingga banyak yang tidak kembali lagi ke negaranya yaitu India.

Jadi tahu kan sekarang bahwa Kutai bukanlah kerajaan tertua di Nusantara ini melainkan kerajaan Salakanagara yang kemudian jadi cikal bakal munculnya kerajaan-kerajaan lain di Nusantara.

1 komentar:

Odex Sjam mengatakan...

Ya begitu kurang lebihnya, kemudian lahir Tarumanagara dengan raja pertamanya Jayasinghawarman 358-382 M(seorang Maharesi dari Salahayana India yang jadi menantu Dewawarman VIII sbg Raja Salakanagara pamungkas)