Rabu, November 11, 2009

Classroom Management; Bagaimana me manage kelas dengan baik






banyak guru yang bermasalah dengan classroom managemen, ga tau cara nge handle anak2 dengan baik, ketika menjelaskan anak-anak ga bisa diam, ngobrol, becamda, karena kita pusing dan males negur melulu akhirnya didiamin aja, "bodo ah, yang penting aku dah ngajar" itu kalimat yang sering terdengar dari mereka, padahal kalau kita tahu triknya kita bisa menghandlenya dengan baik.bagaimana caranya??tunggu dulu sabar

sering kita merasa sumpek di kelas, apa yang harus aku ajarkan hari ini, rasanya stuck g ada ide, itu juga masalah classroom management, itu juga yang pernah aku rasakan ketika mengajar, nah saya coba sedikit share bagaimana cara memanage class dengan baik, tapi sebelumnya coba intropeksi diri dulu setelah mengajar, kenapa bisa ga ke handle, kenapa anak2 kalau lagi menjelaskan pada ngobrol mulu, dan masih banyak lagi, sebetulnya ada tiga pertanyaan yang harus di intropeksi.
yang pertama tanyakan pada diri anda "is it the environment" maksudnya apakah bermasalah dengan lingkungan belajar kita yang kurang kondusif, apakah anak kepanasan karena terlalu banyak anak di kelas, apakah saya terlalu semangat sehingga menit2 pertama tersampaikan tapi setelahnya bingung, atau juga apakah butuh waktu untuk membawa anak2 keluar supayafresh atau apa????itu pertama kita lihat dari lingkunganny.
kalau lingkungannya ga bermasalah, coba bertanya ke yang kedua, "is it the teacher??maksudnya kita coba tanya, janagn2 masalah itu ada di diri kita sendiri, apakah aku terlalu capek, kaku, nerveous, atau ga punya ide atau kita lagi punya masalah di rumah sehingga dibawa2 ke sekolah dan akhirnya berpengaruh dalam proses belajar dan mengajar atau kita ga cukup memberikan waktu untuk anak2 sehingga kita melupakan kebutuhan mereka, kalau itu juga ga bermasalah berrarti kita coba yang ketiga
setelah lingkungan ga bermasalah, di guru juga ga bermasalah mungkin masalahnya ada di nomer tiga yaitu "is it the child?maksudnya kita coba intropeksi mungkin memang anaknya yang bermaslah, bisa jadi anaknya lagi ga mood, bisa jadi anaknya lagi bermasalah di rumah karena orang tuanya, atau bisa jadi anaknya punya masalah dengan teman2nya sehingga merasa tertekan ketika di kelas, atau juga bisa jadi anaknya ketakutan kalau dia ga bisa ngikutin kelas dengan baik.

nah itu lah tiga pertanyaan yang harus kita pertanyakan kalau ada masalah di kelas, dan kebanyakan masalah itu timbul dari kita sendiri, nah untuk meminimalisir masalah itu, kita sebagai guru harus memrsiapkan apa yang mau kita ajarkan ke anak2 sebelumnya dengan baik, persiapkan kalau nanti ada pertanyaan2 yang tidak terduga, usahakan semenarik mungkin supaya anak2 ga ngerasa boring atau bosan, dan satu hal yang selalu terlupakan yaitu rules atau peraturan, sebelum kita mulai mengajar kita perkenalkan peraturan yang harus dilakukan selama anak di dalam kelas dan juga apa konsekwensi dari peraturan tersebut dan jangan lupa setelah peraturan itu diterapkan jangan lupa kita konsisten dengan peraturan tersebut, percayalah kalau kita terapkan cara seperti ini, insya allah masalah classroom management akan sedikit terselesaikan, luangkan sesekali untuk mengobrol dengan anak2 dari hati ke hati sehingga kita tahu "needs" si anak
itu aja yang aku mau share, terakhir,
"ketika kita bisa dapatkan "soul" si anak maka pelajaran apapun yang mau di berikan kepada si anak, akan masuk semua, jadi intinya bagaimana kita bisa melakukan pendekatan supaya kita bisa dapaytkan soul mereka.


Selamat mengajar....!

Tidak ada komentar: